16 Januari 2013

4 Kisah Cinta Alkitab Terseru

Anak-anak muda kini lagi digandrungi dengan kisah asmara dan percintaan yang romantis dari banyaknya film-film yang dihadirkan hari ini. Mulai dari Kisah romantis Korea hingga FTV tanah air pun tidak ketinggalan. Tapi kawan, Alkitab pun punya banyak kisah cinta romantis yang menggugah hati hingga kita bisa berkata, so sweet banget.

Berikut ada 4 kisah cinta romantis dari Alkitab. Cekidot::

BOAS dan RUT (Kitab RUT Pasal 1-4)
Seorang wanita cantik dan baik  keturunan Moab harus kehilangan suaminya saat pernikahan mereka belum berlangsung lama. Bersama mertuanya yang juga janda mereka kembali ke kampung halaman sang mertua. Hidup serba berkekurangan dengan kondisi  yang memperihatinkan. Karena kepeduliaan dan cintanya yang besar, meski sudah diijinkan pergi oleh sang mertua untuk mencari hidup yang baru, tapi Rut tetap setia menemani Naomi, mertuanya.

Keadaan ekonomi yang buruk, mewajibkan Rut harus bekerja apa pun asalkan halal untuk menafkahi dirinya dan ibu mertuanya. Akhirnya Rut atas permintaan sang mertua bekerja di ladang seorang pengusaha kaya bernama Boas. Boas yang akhirnya jatuh cinta karena kepolosan dan itikad baik Rut bersedia menebus Naomi dan Rut karena kebudayaan dan adat setempat yang mengijinkan kerabat dekat untuk dapat bertindak demikian. Dan sudah barang tentu seperti kisah romantis lainnya, ending ceritanya adalah Boas melamar Rut menjadi istrinya.  #


ESTER dan RAJA NEGERI SUSAN (Kitab ESTER Pasal 1-10)
Raja Ahasyweros mengadakan sayembara untuk mendapatkan Ratu menggantikan Ratu sebelumnya. Wasti ratu sebelumnya yang menolak keinginan raja untuk mempertunjukkan kemolekan wajahnya kepada seluruh rakyat Media-Persia yang berada di benteng susan dicopot mahkotanya karena tindakan ceroboh tersebut.

Ester, anak dari Abihail orang Israel adalah gadis cantik rupawan yang turut bersama pamannya Mordekhai diangkut ke benteng susan. Ester atau Hadasa ikut dibawa masuk ke benteng susan, setelah titah raja bahwa semua anak dara wajib mendapat kesempatan untuk ikut sayembara tersebut.

Kemolekan Ester menyebabkan raja jatuh hati dan mengangkatnya menjadi Ratu menggantikan Wasti. Romantis banget. #


SIMSON dan DELILA (Kitab HAKIM-HAKIM 16:4-31)
Cinta yang tulus dengan pengorbanan yang nyata dibuktikan lewat kisah ini. Simson, pria yang memiliki kekuatan diatas orang normal sezamannya adalah seorang tidak perlu diragukan kemampuannya. Singa pun pernah mati dibunuhnya dengan tangan kosong.

Suatu saat jatuh cintalah dia dengan Delila, gadis filistin yang cantik jelita. Apa pun yang Delila inginkan selalu disanggupi oleh Simson. Saat itu, Israel sedang bermusuhan dengan kaum Filistin. Ketika para raja Filistin tahu hubungan Simson dan Delila, maka mereka pun berikthiar memanfaatkannya untuk membunuh Simson, sebab sudah banyak pula orang Filistin yang mati ditangannya. Dengan lembut Delila meminta Simson membeberkan kelemahannya. Dan 3 kali pula Simson menyampaikan kelemahan tersebut tetapi hanya untuk menyenangkan hati Delila, sebab simson berbohong. Akan tetapi, delila terus meminta dan memohon, yang pada akhirnya runtuhlah simson dan menceritakan semuanya.

akibatnya, simson ditangkap dan disiksa karena cinta. #


YAKUB dan RAHEL (Kitab Kejadian 29:1-29)
Cinta memang perlu pengorbanan. Bayangkan Yakub harus kerja 14 tahun di rumah mertuanya untuk memperoleh ijin Laban, menikahi Rahel, putri bungsu Laban. Sebenarnya, yakub hanya harus bekerja 7 tahun saja, akan tetapi ketika waktu itu berlalu yakub justru dinikahkan dengan Lea, kakak rahel yang tidak dicintainya. Tetapi demi Rahel, yakub berjuang meski harus menambah masa kerja 7 tahun lagi.

Dan barang tentu, yakub berhasil menikahi Rahel. so sweet. #

Tidak ada komentar: