8 November 2011

The story of a great woman (Kisah Wanita Hebat)

JODY WILLIAMS
Penerima Hadiah Nobel Perdamaian tahun 1997 adalah wanita yang memperjuangkan persoalan Ranjau Darat yang digunakan di beberapa negara dalam perang yang juga telah memakan banyak korban Jiwa. Bekerja sebagai aktivis hampir 10 tahun bersama Organisasi ICBL.

MAE JEMISON
Mae adalah wanita Afrika-Amerika pertama yang menjadi astronot. Pada tahun 1992, Mae menjadi astronot pesawat ulang-alik Endeavour. Menjadi astronot adalah impiannya sejak kecil, meskipun pada saat itu sangat jarang wanita menjadi astronot terlebih wanita berkulit hitam. Tetapi bagi Dr. Mae itu bukan sesuatu yang mustahil jika dilandaskan dengan keyakinan dan semangat belajar yang dimilikinya.

ROSA PARKS
Rosa Louise McCauley Parks adalah "Ibu Hari Gerakan Hak Sipil Modern" di Amerika Serikat. Lahir di Alabama, 4 Februari 1913 adalah wanita kulit hitam yang tumbuh besar di Amerika. Rosa menjadi wanita yang menolak minimnya toleransi ras sat itu di negaranya. Saat itu, wanita yang awalnya menjadi penjahit ini sementara menumpangi sebuah bus. Saat itu dia tidak memberikan kursinya kepada seorang pria kulit putih dengan alasan dirinya juga memiliki hak untuk mempergunakan fasilitas umum. Aksi itu membuat dirinya di hukum dan memicu pergerakan besar ras kulit hitam oleh Martin Luther, Jr.

Tidak ada komentar: