7 November 2011

The Story of The LRA (Lord Resistance Army)/ Tentara yang tidak menjadi Teladan

LRA adalah sebuah kelompok pasukan pemberontak di sebuah negara Afrika tepatnya di Uganda. Pasukan ini didirikan tahun 1991 oleh seorang pemuda kristen bernama Joseph Kony. Joseph Kony lahir tahun 1961 di desa Odek daerah Acholi sebelah utara Uganda. Tujuan kelompok ini adalah melawan pemerintahan di Kampala, ibukota Uganda.

Joseph Kony mempercayai dirinya sebagai Nabi yang diutus oleh Tuhan di Uganda. Kepercayaannya ini berasal dari bibinya yang memulai gerakan Roh Kudus yang bernama Alice Auma. LRA menyebut tujuan pemberontakan mereka untuk mendirikan negara yang berasaskan 10 Hukum Taurat.

Akan tetapi pemberontakan LRA yang kini meluas membantu kelompok pemberontak lain di negara tetangga seperti Rwanda, Kongo dan Sudan. Pemberontakan ini pun dalam melakukan aksinya dengan menculik anak-anak laki-laki yang dipaksa latihan militer untuk nantinya menjadi anggota pemberontak juga. Sementara anak-anak perempuan diperkosa dan hanya menjadi tempat pemuasan seks bagi tentara. Kini jumlah anak-anak yang diculik mencapai 3000 orang.

Selain itu tindakan-tindakan anarkis lainnya adalah menggrebek desa-desa untuk memperoleh makanan dan uang serta orang-orang untuk membantu perlawanan mereka.

Mari kita doakan agar Tuhan Yesus menunjukkan terang kebenaran-Nya yang sesungguhnya serta Tuhan memulihkan Uganda. JBU

Tidak ada komentar: